fai-unpab-adakan-workshop-rps-2016_78.jpg

FAI UNPAB Adakan Workshop RPS 2016

Medan_UNPAB:  Guna membuat acuan pengembangan rencana pembelajaran, Fakultas Agama Islam dan Fakultas Filsafat Universitas Pembangunan Panca Budi  (Unpab) Medan, mengadakan workshop pembuatan rencana pembelajaran semester (RPS) yang mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Workshop berlangsung  pada hari , Selasa 16 Februari 2016, bertempat di ruang Perpustakaan Gedung D Lantai 2 kampus Panca Budi dengan menghadirkan Dosen sekaligus Calon Fungsioal Peneliti dari (UIN-SU ) Dr. Shiyamu Manurung, M.A.  Workshop tersebut diikuti  Dekan FAI Hadi Suprapto, M.Kom.I, Dekan Filsafat Hasru Azwar Hasibuan, SE, Ka.Prodi FAI, Ka Prodi Filsafat, seluruh Dosen FAI dan seluruh Dosen Filsafat yang berada di lingkungan Unpab.

Lebih lanjut Dr. Shiyamu Manurung, M.A.  menyampaikan tentang panduan profil lulusan dan keungulan program studi. Panduan ini diperuntukkan bagi pengelola program studi dalam mengkaji, mengoreksi, menyesuaikan, merumuskan ulang, atau memperbaharui rumusan capaian pembelajaran lulusan, agar rumusannya memenuhi ketentuan yang berlaku dan sesuai dengan esensi capaian pembelajaran. Guna menetapkan standar kompetensi lulusan yang  dinyatakan dalam capaian pembelajaran tersebut setiap program studi harus memiliki 4 aspek diantaranya : sikap, ketrampilan umum, ketrampilan khusus, penguasaan pengetahuan, yang ditunjang profil kelulusan dan kompetensi kerja sesuai dengan kesetaraan 9 level yang kualifikasinya sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Kegiatan Workshop tersebut dibuka langsung oleh Rektor I Bidang Akademik Ir. Bhakti Alamsyah, MT., PhD, dalam sambutannya beliau berharap dengan adanya kegiatan ini Unpab dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu bersaing dalam dunia kerja serta disesuaikan dengan budaya kita yakni Unpab Tamaddun Mandiri yang salah satunya penerapan kurikulum berbasis budaya dan keariban lokal, sejalan dengan raihan Unpab atas prestasi menjadi PTS terbaik Se- Sumatera Utara ini juga merupakan tugas bagi kita selaku pengelola Unpab harus menjaga dan meningklatkan kualitas Unpab.

Para peserta Workshop sangat antusias terbukti dengan banyak pertanyaan yang diutarakan kepada narasumber  dan Dekan FAI misalnya tentang visi, misi dan tujuan fakultas, capaian pembelajaran yang sudah mengacu pada KKNI dan SNPT, infomasi mata kuliah tentang gambaran menyeluruh, nama dan bobot sks, kode matakuliah, semester penawaran, matrik capaian pembelajaran, pedoman umum pembelajaran pada fakultas, pola ilmiah pokok fakultas, pengembangan kemampuan penunjang penciri fakultas, rancangan kriteria penilaian, evaluasi studi dan kelulusan mahasiswa, serta menyusun pedoman akademik fakultas. (Hms)

Berita Lainnya