Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

A.Visi, Misi, dan Tujuan Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

  1. 1. Visi
    Mewujudkan Program Studi yang menghasilkan tenaga pendidik pada Raudhatul Athfal yang profesional dan berakhlak mulia serta berkompeten di tingkat regional dan nasional pada tahun 2027.
  2. 2. Misi
    • a. Menyelenggarakan pembelajaran di bidang pendidikan Raudhatul Athfal melalui metode Student Centered learning (SCL).
    • b. Melaksanakan Penelitian di bidang pendidikan Raudhatul Athfal yang dilandasi nilai-nilai ajaran Islam.
    • c. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bentuk pendidikan dan pengajaran untuk membantu memecahkan permasalahan pendidikan pada Raudhatul Athfal dengan berlandaskan nilai-nilai ajaran Islam.
  3. 3. Tujuan
    Menghasilkan sarjana (S1) yang:
    • a. Menghasilkan sarjana pendidikan Islam yang berakhlakul karimah sebagai tenaga pendidik yang profesional pada satuan pendidikan Raudhatul Athfal.
    • b. Menghasilkan sarjana pendidikan Islam yang mampu mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan Raudhatul Athfal.
    • c. Menghasilkan sarjana pendidikan Islam yang menguasai ilmu pendidikan Raudhatul Athfal secara mendalam dan komprehensif dalam memecahkan masalah pendidikan Raudhatul Athfal di masyarakat.

B.Dasar Hukum
Pembukaan Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (S1) pada Universitas Pembangunan Panca Budi mengacu kepada:

  1. 1. UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB VI Pasal 26 ayat 3 yang berbunyi: Pendidikan Raudhatul Athfal pada jalur formal Taman Kanak-kanak (TK); Raudatul Athfal (RA).
  2. 2. UU RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen khususnya pasal 7 Bab III tentang Prinsip Profesionalitas.
  3. 3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan khususnya BAB VI pasal 29 ayat 1) butir a, yang berbunyi: Pendidikan Raudhatul Athfal memiliki kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat (D IV) atau Sarjana (S1).
  4. 4. Peraturan  Menteri  Agama  No.  36  Tahun  2009  tentang Pembidangan Ilmu dan Gelar    Akademik pada Perguruan Tinggi Islam, dan Surat Edaran Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor : SE.I/Dj/I/PP.00.9/131/2014,  tertanggal 4 Agustus 2014 tentang kodifikasi program studi dan pelaporan pada pangkalan data pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

C. KURIKULUM
Profil dan profesi lulusan Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (S1)
Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal adalah pendidik pada RA/BA/TK yang berakhlak mulia, berpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas pembelajaran yang mendidik, melatih, membimbing dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi berazaskan keIslaman.

D. Capaian Pembelajaran (learning outcome) Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (S1) dan memiliki level sesuai dengan jenjang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/KKNI

Capaian pembelajaran pendidikan pada Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (S1) pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) setara pada jenjang 6. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (S1) Universitas Pembangunan Panca Budi Medan yang hendak dibuka menghasilkan deskriptor kualifikasi lulusan level 6 pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang mengacu pada ketentuan dan keputusan Kementerian Agama adalah sebagai berikut: